Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Senin, 01 Agustus 2011

Pemkot Ternate Galakkan Penggunaan Sepeda

Ternate (KM) - Pemerintah kota Ternate, Maluku Utara akan menggalakkan penggunaan sepeda kepada masyarakat setempat sebagai salah satu upaya penghematan bahan bakar minyak, sekaligus mengantisipasi terjadinya polusi akibat asap kendaraan bermotor.

Wali kota Burhan Abdurahman di Ternate, Senin, menyatakan upaya menggalakkan penggunaan sepeda diwujudkan melalui pencanangan Hari Jumat Hari Bersepeda.

"Pemkot juga akan mendorong kelompok masyarakat di daerah ini untuk mengintensifkan kegiatan sepeda santai dengan memanfaatkan hari libur atau momen tertentu," katanya.

Sehubungan itu, masyarakat kota Ternate diimbau untuk tidak malu menggunakan sepeda dalam bepergian, karena selain menghemat bahan bakar dan mencegah polusi udara, juga dapat menjaga kesehatan, khususnya jantung.

Sejumlah kalangan di kota Ternate mendukung program tersebut, dengan catatan pemda setempat memberi contoh terlebih dahulu.

"Para pejabat Pemkot jangan hanya menyuruh masyarakat menggunakan sepeda, tapi mereka harus memberi contoh terlebih dahulu," kata tokoh masyarakat Tamrin Ibrahim.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Ternate dalam membangun infrastruktur jalan harus pula menyediakan jalur sepeda guna mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas, mengingat ruas jalan yang sempit.

Pantauan ANTARA, sejumlah instansi seperti Polda Malut dan perbankan terlihat mulai memasyarakatkan penggunaan sepeda di lingkungan instansi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar