Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Senin, 01 Agustus 2011

27 Kapal Sail Wakatobi-Belitong Menuju Ambon

Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 27 kapal layar peserta Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 akan singgah di Ambon, dijadwalkan tiba pada 12-15 Agustus 2011.

"Saat ini tiga kapal sedang berlayar dari Banda ke Ambon, sisanya menyusul," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Maluku, Florence Sahusilawane, kepada ANTARA di Ambon, Senin.

Ia mengungkapkan, 27 kapal tersebut merupakan peserta yang mengambil jalur Indonesia Timur sebelum melanjutkan pelayaran ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan kemudian ke Belitong, provinsi Bangka Belitung.

Menurut Sahusilawane, yang dipercaya sebagai ketua panitia lokal di Maluku untuk Sail Indonesia ke-11 dengan nama Sail Wakatobi-Belitong itu, sebanyak 111 peserta dari 18 negara yang mengikuti "yacht rally" itu resmi dilepas oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gellwynn Jusuf, dari Darwin Australia pada 23 Juli lalu.

Peserta terbagi menjadi dua tim, yang ke arah timur terdiri 27 peserta dan (diperkirakan) telah tiba di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat pada 26-30 Juli, kemudian melanjutkan pelayaran ke Banda, Ambon, dan Pulau Buru. 

"Jadi dari Banda mereka ke Ambon, baru kemudian ke Buru, sebelum lanjut ke Wakatobi, Bau-Bau dan Makasar," katanya.

Sementara tim yang ke arah barat, lanjutnya, dijadwalkan tiba di Kupang pada 27-31 Juli 2011, kemudian berlayar ke Alor, Lembata, Ende dan Alung di Nusa Tenggara Timur. Kedua tim selanjutnya dijadwalkan bertemu di Labuan Bajo pada 31 Agustus-5 September, sebelum melanjutkan perjalanan ke Lombok Utara, Bali, Karimun Jawa, Kumal, Belitung.

"Kami berharap seluruh peserta tiba di Ambon sesuai jadwal antara tanggal 12 dan 15 Agustus," kata Sahusilawane.

Ketika ditanyakan rencana peserta di kota Ambon, ia menyatakan bahwa Pemprov Maluku akan menggelar acara "Welcome Ceremony" bagi seluruh peserta pada 15 Agustus, di Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Tantui, kecamatan Sirimau.

"Kami sudah berkoordinasi dengan perusahaan perjalanan wisata untuk menawarkan berbagai paket wisata untuk dikunjungi mereka," ujarnya.

Ia menambahkan peserta akan meninggalkan kota Ambon menuju kabupaten Buru tanggal 15 Agustus, dijadwalkan tiba dalam 2-5 hari pelayaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar