Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Kamis, 14 Juli 2011

Bandara Saumlaki Terancam Batal Beroperasi pada 2012

Ambon (KM) - Rencana bandar udara (bandara) Saumlaki beroperasi pada 2012 terancam batal, karena pekerjaan perpanjangan landasannya baru mencapai 1.000 meter dari yang ditargetkan sepanjang 1.650 meter.

"Pembangunan landasan pacunya baru mencapai 1.000 meter dari target 1.650 meter. Keterlambatan ini pun karena anggaran yang dikucurkan Kementerian Perhubungan pun terbatas," kata Kepala Dinas Perhubungan Maluku, Benny Gaspersz, di Ambon, Kamis.

Dia mengakui, dana yang dikucurkan Kementerian Perhubungan pada tahun 2010 untuk pembangunan landasan pacu tahap II sepanjang 750 meter sebesar Rp16,03 miliar.

Benny Gaspersz mengakui proyek perluasan bandara tersebut baru dikerjakan berupa sarana pendukung penerbangan yakni landasan pacu, sedangkan sarana pendukung darat berupa menara dan peralatan navigasi dan komunikasi lainnya belum dilaksanakan, karena anggarannya belum dialokasikan.

Kendati, dia berharap proses perluasan bandara tersebut berjalan sesuai yang direncanakan, termasuk kucuran alokasi dana dari Kementerian Perhubungan, sehingga pekerjaannya bisa diselesaikan tepat waktu dan segera difungsikan.

Pekerjaan bandara Saumlaki tahap II berupa konstruksi landasan pacu sepanjang 1.650 meter x 30 meter, dengan aspal flexible pavement, lapisan ATB tebal 5 centimeter, dan aspal concrete sub base 5 centimeter termasuk marking.

Seluruh proyek dikerjakan PT. Nindya Karya dengan alokasi dana APBN melalui Kementerian Perhubungan, yang dikucurkan setiap tahun.

Pekerjaan tahap II telah menyelesaikan landasan pacu sepanjang 700 meter memanfaatkan anggaran tahun 2010 sebesar Rp16,03 miliar, sedangkan nilai kontraknya Rp16,09 miliar.

Rencana pekerjaan pada tahun 2011 berupa penambahan panjang landasan pacu 300 meter, sedangkan sisanya 350 meter akan dikerjakan pada tahun 2012.

"Pembangunan lapter (lapangan terbang) ini sangat penting dan strategis untuk mendukung program trans Maluku, sekaligus membuka akses transportasi ke daerah-daerah sekitar, termasuk mendukung pengembangan pembangunan di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga Timor Leste dan Australia," ujar Gaspersz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar