Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Selasa, 03 Mei 2011

Maluku Segera Penuhi Undangan Pemerintah Darwin

Ambon (KM) - Pemain sepak bola di bawah usia 18 tahun Maluku segera memenuhi undangan Pemerintah Darwin, Northern Teritory, Australia, untuk berlaga di negara tersebut, kata Wagub setempat, Said Assagaff.

"Saya telah meminta Ketua Pengurus provinsi (Pengprov) PSSI Maluku, Dirk Soplanit, untuk mempersiapkan tim sambil koordinasi dijalin dengan Pemerintah Darwin tentang kepastian jadwal pertandingan persahabatan yang melibatkan pemain Timor Leste," katanya di Ambon, Selasa.
Gubernur Darwin Tom Pauling menyampaikan undangan tersebut kepada Wagub Maluku, Said Assagaff saat kunjungan ke Darwin pada Juni 2010.

"Pada prinsipnya, kami siap mengirimkan tim ke Darwin yang juga merupakan kota kembar (sister city) Ambon, Ibu Kota rovinsi Maluku karena strategis untuk melakukan uji coba guna mengevaluasi pembinaan yang diprogramkan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengprov PSSI Maluku Dirk Soplanit mengatakan, siap membentuk tim karena pemain di bawah usia 18 tahun di daerah ini cukup banyak dan memiliki kualitas cukup dibanggakan dengan sejumlah atlet terjaring tim Indonesia untuk berlatih maupun bertanding di luar negeri.

"Jadi undangan Gubernur Darwin tersebut akan dikoordinasikan dengan Wagub Assagaff sehingga berbagai persiapan untuk keberangkatan bisa dimatangkan sejak dini," katanya.

Dirk mengatakan, Maluku memiliki pemain di bawah usia 18 tahun dengan potensi dan bakat yang cukup diandalkan. Tapi kurang kompetisi untuk mengukur pembinaan dan kualitas pemain akibat terbatasnya sponsor.

"Kami pernah menjuarai Piala Medco pada 2006 yang mengantarkan lima pemain dipanggil untuk memperkuat Indonesia di kejuaraan AFC U-16. Sedangkan tujuh pemain tim U-15 Maluku lainnya juga diberangkatkan ke Jakarta untuk memenuhi panggilan PSSI guna mengikuti seleksi timnas Indonesia yang akan mengikuti latihan di Uruguay," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Northern Territory Tom Pauling mengundang tim sepak bola Maluku usia di bawah 18 tahun berlaga di Darwin yang dijadwalkan pada Mei 2011 saat Wagub Assagaff berkunjung ke sana pada awal Juni 2010.

Gubernur Tom Pauling memprogramkan pertandingan persahabatan antara tim Northern Teritorry, Maluku dan Timor Leste.

Bahkan, Gubernur Northern Teritorry menyanggupi akan mengirimkan pesawat untuk mengangkut 25 pemain, termasuk manager dan ofisial Maluku ke Darwin bila pertandingan tersebut diselenggarakan nanti. Transporrasi dan akomodasi selama di Darwin ditanggung pemerintah Northern Teritorry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar