Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Kamis, 14 Juli 2011

Disparbud Morotai Buat Buku dan Film Dokumenter

Ternate (KM) - Guna menjemput pelaksanaan "Sail Indonesia Morotai (SIM)" tahun 2012, Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, membuat berbagai program diantaranya pembuatan buku dan pembuatan film dokumenter berjudul "The Beauty of Morotai" yang diperankan Christine Hakim.

Kadisparbud Pulau Morotai, Alfatah Sibua, Kamis mengatakan, pihaknya saat ini telah membuat beberapa program dalam rangka menjemput SIM 2012. Salah satunya pembuatan film dokumenter dan pembuatan buku mengenai sejarah Morotai dengan menghadirkan artis ternama dan lebih memfokuskan untuk menampilkan berbagai panorama dan peninggalan sejarah pulau tersebut.

"Kalau pembuatan film itu, hasil dari kerja sama antara dinas parawisata morotai dan parawisata provinsi bersama dengan Kementerian Pariwisata pusat," ujarnya.

Sedangkan pembuatan film dokumenter tersebut beberapa hari lalu sudah dilakukan syuting tahapan pertama selama empat hari.

Sementara tahapan kedua akan di mulai tanggal 16 Juli 2011 dan pengambilan gambar itu akan berjalan selama satu bulan,

"Untuk pembuatan buku saat ini kami masih dalam tahap pengumpulan reverensi dan kami usahakan dalam waktu dekat ini sudah selesai" katanya.

Dikatakannya, mengenai cerita dari film The Beauty of Morotai itu dilihat dari sisi sejarah dan kultur serta keindahan keparawisataan pulau Morotai. 

Selain pembuatan film dan buku, lanjut Alfatah, Dinas Parawisata juga mengirim utusan untuk mengikuti Seleksi Gita Bahana Nusantara, dan pada tanggal 14 juli mendatang sebanyak 15 orang utusan akan kami kirim untuk mengikuti pentas seni dan budaya di provinsi Malut.

"Pentas yang akan ditunjukkan hanya  tide-tide dan cakalele, salah satu tarian khas daerah ini," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar