Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Jumat, 08 Juli 2011

Betty Ford Wafat dalam Usia 93 Tahun

Los Angeles (KM/AFP) - Mantan ibu negara AS Betty Ford wafat dalam usia 93 tahun di Los Angeles, Jumat.

Janda presiden Gerald Ford itu adalah pegiat kampanye sadar kanker payudara dan pendiri pusat rehabilitasi ketergantungan obat-obatan di Rancho Mirage, California.

Juga terkenal sebagai pejuang hak-hak kaum perempuan, Betty menetap di California sejak suaminya meninggal dunia tahun 2006.

"Saya begitu sedih ketika mendengar Betty meninggal. Ia telah menjadi inspirasi dalam banyak upaya yang dilakukan untuk menyadarkan kaum perempuan tentang kanker payudara serta apa yang dilakukannya di Betty Ford Center," kata Reagan.

Betty Ford meninggal pada Jumat, kata anggota keluarga seperti dikutip CNN.

Mantan presiden George H. W Bush mengatakan ia dan isterinya, Barbara, sangat sayang pada Betty.

"Ia adalah isteri dan ibu menakjubkan, teman sejati, dan ibu negara pemberani. Perjuangannya selama ini membuat kita banyak mendapatkan pelajaran. Betty Ford Center yang dibangunnya sudah menolong ribuan orang dan menjadi warisannya yang terakhir. Kami bangga mengenalnya dan pasti akan sangat merindukannya," kata Bush.

Lahir pada 8 April 1918 di Chicago dan bernama lengkap Elizabeth Ann Bloomer, ia besar di Grand Rapids, Michigan and belajar tari di Bennington College, Vermont.

Bercerai dari suami pertama, William Warren, ia kemudian berkencan dengan Letnan AL Gerald Ford, sebelum menikah pada 15 Oktober 1948, dua pekan sebelum Gerald Ford terpilih sebagai anggota Kongres AS.

Mereka tinggal di Washington selama hampir tiga dekade dimana Gerald Ford menekuni karir politik hingga masuk Gedung Putih. Setelah Richard Nixon mengundurkan diri akibat skandal Watergate, Gerald Ford pun menjadi presiden.

Gerald Ford meninggal dunia pada 26 Desember 2006, juga dalam usia 93 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar