Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Jumat, 03 Juni 2011

Tim Basket Maluku Minta Dukungan KONI dan Pemprov

Ambon (KM) - Tim Pra Pon dari cabang bola basket yang akan bertanding di Semarang 6-13 Juni 2011 meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pemerintah Provinsi Maluku memberikan perhatian serius serta dukungan moril.

"Kami juga minta dukungan seluruh komponen masyarakat Maluku agar tim yang akan membawa nama daerah ini bisa berhasil meraih target empat atau tiga besar untuk lolos PON 2012," kata Ketua Bintek Pengprov Perbasi Maluku, Thaher Hanubun di Ambon, Jumat.

Tim Pra Pon Maluku masuk dalam wilayah B yang meliputi Provinsi Banten, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara, sedangkan tim putera asal Jawa Tengah sudah lolos ke PON.

Menurut Hanubun, pemusatan latihan untuk persiapan bertanding para atlet minilam tiga hingga enam bulan dan maksimal satu tahun, namun para atlet pebasket Maluku ini hanya menjalani pelatihan selama dua bulan.

"Waktu latihannya memang agak terbatas, tapi para atlet basket harus memiliki semangat 'Pattimura' untuk bertanding dengan menjunjung sportivitas serta disiplin yang tinggi, baik saat bertanding maupun selama berada di Semarang," kata Hanubun yang juga anggota DPRD Maluku.

Karena teknik yang diajarkan kepada para atlet basket yang lolos seleksi Popmal 2011 ini sudah setara dengan yang diajarkan di daerah lain, kecuali untuk pengalaman tanding ke luar daerah tidaklah seperti tim basket provinsi lain.

Namun penguasaan tekhnik harus diimbangi dengan kesiapan fisik dan mental atlet, sehingga mereka harus disiplin dalam segala hal seperti tidur yang teratur dan tepat waktu hingga tampil prima dan penuh konsentrasi saat bertanding.

Sektetaris Umum Pengprov Perbasi Maluku Edy Letwurun mengatakan, para atlet memiliki motivasi dan semangat yang tinggi dalam mewakili daerah.

"Maluku memang unggul dalam olah raga individu berupa anggar, tinju atau dayung, tapi cabang olahraga yang membutuhkan kekompakan tim seperti bola basket juga memiliki peluang yang besar dalam mengukir prestasi," katanya.

Awalnya seleksi tim Pra Pon Maluku melalui Popmal 2011 sebanyak 23 orang tapi yang aktif berlatih hanya 13 orang, karena terbatasnya anggaran membuat sejumlah atlet dari beberapa kabupaten/kota tidak dapat mengikuti latihan

Sehingga atlet basket yang akan berangkat Jumat (4/6) ke Semarang adalah Reyniold Jopris, Hiro Maitimu, Mharvino Patty, David Bagenda, Mario Amarduan, Christian Halim, Mohamad Bager, Marco Jason Tahalele, Feizal Toatubun, Forzmen Latubi dan Dedy Wattimena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar