Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Minggu, 05 Juni 2011

Ekspor Maluku Caturwulan Pertama 24,4 Juta Dolar

Ambon (KM) - Realisasi nilai ekspor Maluku selama caturwulan pertama periode Januari-April 2011 mencapai 24,4 juta dolar Amerika Serikat.

"Komoditi andalan ekspor Maluku berupa ikan dan udang beku yang masih mendominasi realisasi ekspor pada periode ini sebanyak 42,68 ribu ton ke sembilan negara tujuan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku, Edison Ritonga, di Ambon, Minggu.

Nilai rata-rata ekspor produk laut caturwulan pertama tahun ini sebesar 0,57 dolar per kilogram sama dengan nilai rata-rata ekspor periode empat bulan pertama 2010, meskipun volume dan nilai ekspor 2011 lebih tinggi 40 persen dari triwulan pertama tahun lalu.

Khusus untuk realisasi nilai ekspor bulan April hanya tercatat 3,32 juta dolar atau mengalami penurunan 53,75 persen dibanding nilai ekspor bulan Maret, dimana Thailand masih tetap menjadi negara tujuan terbesar meskipun rata-rata nilai ekspornya masih rendah dan hanya sebesar 0,49 dolar per Kg.

Sedangkan rata-rata nilai ekspor komoditi nonmigas ke Jepang berupa udang kecil dan udang biasa yang dibekukan masih tetap lebih tinggi mencapai 8,43 dolar per kg.

Kemudian nilai rata-rata ekspor komoditi ikan tuna bersirip kuning beku ke Filipina sebesar 6,55 dolar per kg.

"Nilai ekspor ikan dan udang beku ke Thailand bulan lalu 2,4 juta dolar, menyusul China 0,91 juta dolar dan Hongkong 13 ribu dolar AS," katanya.

Edison menjelaskan, nilai ekspor dari pelabuhan Kota Tual untuk periode caturwulan pertama 2011 sebesar 15,13 juta dolar AS atau 61,95 persen dari total nilai ekspor Maluku periode Januari-April.

Sementara kontribusi nilai ekspor dari pelabuhan Ambon hanya 38,03 persen dan Bandara Parrimura Ambon 0,02 persen dari total ekspor selama empat bulan pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar