Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Senin, 16 Mei 2011

Ribuan Warga Ambon Tidak Gunakan Hak Suara

Ambon (KM) - Ribuan warga yang terdaftar di sejumlah Tempat Pemungutan Suara dari tiga kelurahan di Kecamatan Sirimau tidak menggunakan hak suara mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah, Senin (16/5) 2011.

Pemantauan ANTARA, jumlah warga yang hadir untuk mencoblos hampir berimbang dengan mereka yang tidak hadir di TPS yang dibuka petugas sejak pukul 08.00 hingga 14.00 WIT.

Akibatnya, lebih dari 1.115 orang yang namanya tercatat dalam DPT tapi tidak hadir untuk memilih delapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon periode 2011-2016, meskipun cuaca di Ibu Kota Provinsi Maluku itu sejak pagi hari cukup cerah dan belum sempat diguyur hujan.

Warga yang tidak hadir kebanyakan terdapat di Kelurahan Pandan Kasturi (Kecamatan Sirimau) seperti TPS II tercatat 594 pemilih dalam DPT, namun yang hadir hanya 323 orang dan 272 tak menggunakan hak suara mereka.

Kemudian di TPS VI tercatat dalam DPT sebanyak 566 orang tapi yang tidak mendatangi TPS mencapai 224 orang dan TPS VII, terdapat 472 pemilih dan yang hadir hanya 239 orang lalu sisanya 233 pemilih tidak hadir.

Kondisi serupa juga terjadi di Kelurahan Hunipopu dimana jumlah DPT sebanyak 537 orang namun yang tidak ikut mencoblos mencapai 297 orang.

Di TPS VII dan XI kelurahan Karang Panjang tercatat sebanyak 712 pemilih, namun 255 di antaranya tidak mendatangi tempat pemungutan suara.

Jumlah pemilih yang tidak menyalurkan aspirasi mereka dalam Pikada Kota Ambon tahun ini dikhawatirkan akan meningkat, karena masih banyak TPS yang tersebar pada lika kecamatan belum terpantau.

Sementara DPT Pilkada Ambon 16 Mei 2011 yang ditetapkan KPU sebanyak 253.251 orang, itupun belum semua warga yang sudah berhak memilih terakomodir dalam DPT, baik pemilih pemula maupun mereka yang namanya pernah terdaftar dalam DPT Pemilu Legislatif 2009 maupun Pemilihan Presiden.

Pilkada Kota Ambon kali ini diikuti delapan kandidat berdasarkan nomor urutnya antara lain, Daniel Palapia - La Suardi (Daya) calon perseorangan, Ferry Wattimury-Awath Ternate (WATTE) dari calon perseorangan, Richard Louhenapessy-Muhammad Armyn Syarif Latuconsina (PAPARISA) didukung lima parpol.

Selanjutnya Hesina Huliselen-Machfud Waliulu (SELALU) yang diusung sejumlah parpol, Paulus Kastanya-La Hamsidi (KASIH) dengan dukungan 23.450 suara, Abraham Pakel-Saidin Ernas dari calon perseorangan, Olivia Latuconsina - Andre Hehanussa (LATUNUSA) didukung parpol serta pasangan Lukcy Watimurry-Hero Abdul Drachman (PATTIMURA) yang didukung PDI Perjuangan (lima kursi) dan Partai Kedaulatan (satu kursi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar