Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Kamis, 05 Mei 2011

Pengelola Pelayaran Diimbau Waspadai Hujan Lebat

Ambon (KM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maluku mengimbau pengelola dan pengguna jasa pelayaran setempat untuk mewaspadai hujan dengan intensitas lebat disertai petir pada 5 - 6 Mei 2011.

Kepala BPBD Maluku Chris Hehanussa di Ambon, Kamis, mengatakan, hujan dengan intensitas lebat diperkirakan mengguyur laut Arafura - Buru - Seram.
"Melalui internet kami telah menyosialisasikan peringatan hujan tersebut kepada sembilan Bupati dan dua Wali Kota agar memperingatkan aparat teknis dalam menangani aktivitas pelayaran," ujarnya.

Khusus di laut Arafura - Buru -  Seram, para nelayan tradisional diminta tidak memaksakan diri menangkap ikan saat kondisi cuaca kurang bersahabat guna mengantisipasi kemungkinan terjadi musibah yang tidak diinginkan.

"Jadi masyarakat, terutama nelayan yang mencari ikan di laut Arafura - Buru - Seram , diingatkan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas lebat yang kemungkinan disertai petir," ujar Hehanussa.

Dia mengemukakan, hujan yang mengguyur Kota Ambon pada 30 April hingga 1 Mei mengakibatkan Febby Linda Kuruwal meninggal akibat bencana longsor di Batugantung, Kelurahan Manggadua, Kecamatan Nusaniwe.

Dua unit rumah di sana juga tertimpa longsor sehingga personel polisi dan TNI-D dikerahkan untuk membantu pembersihan. Selain longsor, hujan lebat di Kota Ambon juga menyebabkan sebuah talud ambrol dan sebuah jembatan rusak serta ratusan rumah di sejumlah desa/kelurahan terendam banjir.

"Perkiraan musim hujan masih berlangsung sehingga masyarakat yang tinggal di lereng gunung maupun bantaran sungai harus mewaspadai kemungkinan terjadi longsor dan banjir," kata Hehanussa.

Dia juga mengemukakan perkiraan hujan dengan intensitas lebat yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baik pusat maupun bandara internasional Pattimura Ambon itu  berpengaruh terhadap tinggi gelombang di perairan Maluku yang berkisar 2 - 4 meter.

Tinggi gelombang di Laut Arafura diperkirakan berkisar 3-4 meter pada 4-9 Mei 2011.

Perairan di pulau Buru, Laut Banda, Kepulauan Seram, Laut Aru serta Kepulauan Babar, Tanimbar masing - masing berkisar 2-3 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar