Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Jumat, 13 Mei 2011

KASIH: Pemilih Jangan Mau "Dibeli Murah"

Ambon (KM) - Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Paulus Kastanya - La Hamsidi yang dipromosikan dengan sapaan "KASIH" mengajak pemilih yang berhak mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat pada 16 Mei 2011 jangan mau "dibeli murah".

"Jangan mau hak pilih saudara hanya dihargai Rp50.000 - Rp100.000 per pemilih karena itu berkaitan dengan harga diri," kata Paulus, di Ambon, Jumat.

Pasangan Kasih juga tidak mau membagi - bagikan uang, baik saat kampanye maupun menggalang pemilih untuk menentukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2011 - 2016.

"Kami jujur memang tidak punya banyak uang untuk dibagi - bagikan. Terpenting uang yang dibagi-bagikan itu jangan adalah pinjaman dari pengusaha sehingga bila terpilih nanti merupakan utang yang harus dilunasi dengan proyek," ujarnya.

Paulus tidak bersedia menerapkan pola tersebut karena mengkhawatirkan bila terpilih nanti pasti ada "Wali Kota - Wali Kota kecil" yang bisa dengan sesuka hati mengatur proyek maupun memaksakan PNS tertentu menduduki jabatan tidak sesuai kapasitas maupun tempat.

"Itu sangat berbahaya karena nantinya mengganggu mekanisme pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial," katanya.

Oleh karena itu, Paulus mengimbau masyarakat agar memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota seobjektif mungkin yang tidak mengubar janji.

"Kami tidak mau mengubar janji. Belajarlah dari kenyataan saat kampanye maupun menarik simpati masyarakat berjanji yang muluk - muluk, tapi bila telah terpilih ternyata tidak menepatinya," ujarnya.

Paulus juga mengingatkan, masyarakat tanggap saat masa tenang karena biasanya dimanfaatkan untuk melakukan "serangan fajar"  .

"Kalau ada yang melakukan praktek tersebut, maka ambil saja fajarnya dan serangan ditolak," tegasnya.

Sementara itu, La Hamsidi mengajak, masyarakat agar pada Pilkada nanti harus memanfaatkan hak politik dengan mencoblos pasangan nomor urut 5 ( Kasih).

"Kami tahu bahwa masyarakat menginginkan pemimpin yang siap mengabdi untuk kesejahteraan warganya dan bukan kepentingan oknum pengusaha, sehingga pekerjaan proyek - proyek tidak berkualitas maupun kemungkinan fiktif," katanya.

Pasangan Kasih pada Pilkada nanti harus bertarung dengan tujuh kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota lainnya untuk memperebutkan 253.251 pemilih.

Tujuh pasangan lain berdasarkan nomor urut adalah 1. Daniel Palapia-La Suriadi (DAYA), 2. Ferry Wattimury-Awath Ternate (WATTE), 3. Richard Louhenapessy - Muhammad Armyn Syarif Latuconsina (PAPARISA), 4. Pasangan Ny. HJ Huliselen-Machfud Waliulu (SELALU), 6. Abraham Pakel-Saidin Ernas(BRASID), 7. Ny. Olivia Latuconsina - Andre Hehanussa (LATUNUSA) dan 8. Lukcy Watimurry-Hero Abdul Drachman  (PATTIMURA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar