Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Kamis, 23 Juni 2011

Pengurusan Paspor CJH Malut Berjalan Lancar

Ternate (KM) - Pengurusan paspor Calon Jamaah Haji (CJH) Maluku Utara (Malut) pada Imigrasi setempat berjalan lancar, sehingga Kementerian Agama Malut memastikan pengurusan paspor tuntas sebelum 30 Juni 2011.

Kabid Urais dan Penyelenggara Haji Kementerian Agama Malut, Nasruddin Ali mengatakan di Ternate, Rabu, sesuai laporan dari Kementerian Agama kabupaten/kota di Malut, pengurusan paspor CJH di daerah mereka berjalan lancar.

Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Menteri Agama, pengurusan paspor CJH tersebut selesai paling lambat 30 Juni, sehingga pada 1 Juli sudah bisa dilaporkan ke pusat.

Ia mengatakan, biaya pengurusan paspor pada Kantor Imigrasi ditanggung oleh Kementerian Agama, sehingga CJH tidak perlu lagi mengeluarkan biaya seperti pada pengurusan paspor CJH tahun-tahun sebelumnya.

Pengurusan paspor CJH Malut dilakukan di dua Kantor Imigrasi, yakni Kantor Imigrasi untuk CJH dari tujuh kabupaten/kota di Malut dan Kantor Imigrasi di Tobelo untuk pengurusan paspor dari CJH Kabupaten Halmahera Utara dan Pulau Morotai.

Nasruddin mengatakan, CJH Malut tahun ini sebanyak 1065 orang atau sama dengan jumlah CJH Malut tahun 2010.

Pemprov Malut bersama Kementerian Agama Malut terus berupaya untuk mendapatkan penambahan jumlah kuota CJH Malut tahun mendatang, karena jumlah daftar tunggu CJH di daerah ini mencapai 4000 lebih.

Ia menambahkan, seluruh CJH Malut tahun ini melunasi Ongkos Naik Haji (ONH) sesuai tepat waktu, sehingga tidak ada yang harus diganti akibat kelambatan dalam pelunasan ONH.

Kementerian Agama Malut tengah membicarakan dengan Pemprov dan DPRD Malut mengenai kemungkinan pemberian subsidi biaya embarkasi CJH Malut dari Ternate ke Makassar seperti pada tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar