Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Rabu, 08 Juni 2011

Megawati Tantang Perempuan Jadi Presiden

Yogyakarta (KM) - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menantang seluruh kaum perempuan Indonesia untuk bisa menduduki jabatan pemerintahan tertinggi, yaitu presiden seperti dirinya.

"Saya bertanya, apakah akan ada perempuan yang bisa menggantikan saya sebagai presiden. Hingga saat ini, saya adalah satu-satunya perempuan di Indonesia yang menjadi presiden," kata Megawati saat memberikan "Presidensial Lecture" memperingati Hari Lahir Pancasila di Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, bila dalam waktu kurang dari 25 tahun mendatang sudah ada perempuan yang menjadi Presiden Republik Indonesia, maka ia akan memberikan apresiasi yang sangat besar.

Perempuan, lanjut dia, tidak berbeda dengan kaum laki-laki, dan satu-satunya yang bisa dilakukan perempuan untuk lebih mengungguli kaum laki-laki adalah pada kepandaian.

"Ayah saya (Presiden I Republik Indonesia Soekarno) yang memberikan dorongan dan semangat agar perempuan tidak merasa kalah dari kaum laki-laki," katanya.

Ia juga berpesan kepada generasi muda agar memiliki keyakinan dan kepercayaan diri agar tidak kalah dengan bangsa lain di dunia, karena kurangnya kepercayaan diri tersebut bisa berakibat pada kalahnya bangsa Indonesia saat bersaing dengan bangsa lain di dunia.

Untuk menumbuhkan kepercayaan diri itu, lanjut dia, adalah selalu berpegang pada Pancasila sebagai ideologi negara, karena sebenarnya Pancasila itu sudah berada dalam sanubari masyarakat Indonesia.

"Pancasila harus diimplementasikan secara konsekuen agar seluruh sendi kehidupan bangsa bisa berjalan secara berdaulat termasuk politik dan ekonomi," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi DIY RM Wijoseno Haryo Bimo yang membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan, perlu adanya penghayatan dan pengamalam Pancasila dalm kehidupan sehari-hari, tidak hanya pengenalan karena keampuhan Pancasila sudah terbukti.

"Saya merasa prihatin seolah Pancasila dilupakan. Dalam kurikulum juga ditiadakan sehingga banyak siswa melanggar norma pendidikan, agama dan sosial kemadsyarakatan, termasuk pejabat negeri," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Pancasila harus "diuri-uri" dalam kehidupan sehari-hari, termasuk memasukkan Pancasila dalam kurikulum.

Sementara itu, Rektor UJB Suharjanto mengatakan, kaum akademisi memiliki tugas untuk mengartikulasikan keinginan rakyat untuk maju dengan berdasar pada Pancasila sebagai jawaban terhadap tantangan yang dihadapi bangsa dan negara.

"Sejak awal reformasi hingga sekarang terjadi kemunduran pamor ideologi Pancasila seiring meningkatnya liberalisasi dan demokratisasi di dunia," katanya.

UJB, lanjut dia, yang telah memposisikan diri sebagai Kampus Kebangsaan siap menggembleng mahasiswa untuk menjadi sumber daya manusia Indonesia yang berpengatahuan tinggi dan berazaskan nasionalisme dan patriotisme.

Dalam Presidential Lecture tersebut juga dihadiri sejumlah pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) seperti Tjahjo Kumolo, Ganjar Pranowo, Idham Samawi dan juga keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat GBPH Prabukusumo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar