Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Rabu, 08 Juni 2011

Gubernur Maluku Lepas Kontingen Ustawa Maluku

Ambon (KM) - Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Kamis pagi waktu setempat, melepas 30 peserta kontingen Utsawa Dharma Gita Provinsi Maluku yang akan berjuang mengharumkan nama daerah dalam Festival Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XI di Denpasar, Bali, 10 - 15 Juni 2011.

"Saya mengajak seluruh Umat Hindu yang ada di Maluku untuk terus dapat menumbuhkan rasa cinta dalam mempelajari kitab Suci Wedha, selain itu juga menjadikan kegiatan mengidung lagu-lagu pujian agama dan sloka-sloka wedha sebagai sesuatu yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari," katanya saat acara pelepasan di Ruang Pertemuan Kantor Gubernur, di Ambon.

Menurut Gubernur, festival tersebut memiliki arti penting untuk meningkatkan kemahiran serta pemahaman akan nilai-nilai Wedha, sekaligus sebagai sarana mempererat jalinan silaturahmi di antara umat hindu di seluruh Indonesia.

Ralahalu meminta kontingen Utsawa Maluku tidak menempatkan juara dalam kegiatan tersebut sebagai tujuan akhir, karena yang lebih diutamakan adalah menjaga budaya orang Maluku yakni membangun kebersamaan, kerjasama, bergotong royong dan saling mengasihi di antara sesama peserta.

Dia juga mengimbau semua anggota kontingen tetap mengedepankan sikap sportif dalam berkompetisi dan menampilkan keperibadian serta budaya "Pela Gandong" Maluku yang senantiasa menjaga suasana kekeluargaan.

"Saya berharap peserta juga bisa menjadi duta-duta perdamaian dari Maluku, sehingga daerah ini semakin dikenal," harapnya.

Ketua kontingen Utsawa Dharma Gita Provinsi Maluku, I Wayan Sutapa, optimistis meraih prestasi terbaik dibanding Festival Utsawa Dharma Gita X yang berlangsung di Kendari 2008.

"Dalam festival Ke X di Kendari kita mendapatkan juara harapan I untuk lomba Dharna Wacana (Kotbah) kategori putra. Di Bali nanti kami optimistis meraih prestasi lebih baik," katanya.

Sutapa mengungkapkan, lomba yang akan diikuti kontingen Maluku meliputi delapan jenis lomba cerdas cermat tingkat SD,SMP dan SMA, Kidung Daerah, Dharma Wacana Putra Dewasa, Putri Dewasa, dan kategori Remaja Putra dan Putri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar