Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Senin, 02 Mei 2011

Polri Berharap Kematian Osama Hilangkan Terorisme

Jakarta (KM) - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Nanan Soekarna berharap pengumuman pemerintah Amerika Serikat tentang kematian Osama bin Laden bisa menghilangkan terorisme di Indonesia.

"Mudah-mudahan lah, dengan demikian tidak ada terorsime," katanya setelah mengikuti rapat di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Senin.
Nanan juga berharap, berita kematian Osama akan meningkatkan keamanan dunia.

Dia meminta semua orang yang terkait dengan jaringan terorisme untuk menghentikan aksi dan menyerahkan diri.

"Seharusnya tertangkap, semuanya nyerah lah," katanya.

Meski demikian, dia menegaskan Polri akan tetap waspada dan melakukan upaya pencegahan dan antisipasi terhadap segala jenis bentuk gangguan keamanan, terutama terorisme.

Pemimpin Al Qaeda yang selama ini sulit ditangkap, Osama bin Laden, terbunuh di sebuah rumah besar di luar ibu kota Pakistan, Islamabad, demikian Presiden AS Barack Obama seperti dikutip Reuter.

Setelah pencariaan yang sia-sia terhadap pemimpin Al Qaeda itu sejak dia menghilang di Afghanistan pada akhir 2001, Obama yang kelahiran Arab Saudi itu telah tewas.

Pihak berwenang Pakistan membenarkan terbunuhnya Osama bin Laden ini, dan menyebutkan orang paling diburu di dunia itu tewas di wilayah Pakistan.

Segera setelah kabar ini menyebar, pasar saham berjangka AS melesat naik 0,7 persen. Sedangkan obligasi US Treasury dan harga emas "tergelincir".

"Lima orang tewas"

Sementara itu, dari Washington, AS dilaporkan, operasi Amerika Serikat yang menewaskan pemimpin Al Qaida, Osama bin Laden, pada Ahad juga menewaskan tiga pria lainnya dan seorang wanita, termasuk seorang putra pemimpin Al Qaida itu, kata para pejabat AS.

"Di samping Osama bin Laten, tiga pria dewasa juga tewas dalam serangan tersebut," kata seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat tak disebut namanya, kepada para wartawan.

Dua orang bekerja sebagai kurir terpercaya untuk Osama bin Laden dan yang ketiga diyakini sebagai anak dewasa bin Laden, kata pejabat itu.

"Seorang wanita tewas ketika ia digunakan sebagai perisai oleh seorang pejuang laki-laki. Dua wanita lainnya luka-luka" dalam serangan yang berlangsung kurang dari 40 menit, kata pejabat itu.

Pasukan AS kehilangan satu helikopter dalam operasi itu karena "kegagalan mekanis" dan helikopter itu dihancurkan oleh Amerika, kata pejabat tersebut.

Para pejabat AS lainnya mengatakan bahwa mereka terkejut ketika datang laporan intelijen pertama yang mengungkapkan rumitnya keamanan di kompleks di mana Osama bin Laden bersembunyi, dengan tembok setinggi 12-18 kaki dan di atasnya dipasang kawat berduri.

Sesuatu yang penting dalam operasi adalah upaya satu perjalanan panjang oleh dinas mata-mata Amerika untuk melacak seorang kurir terpercaya bagi Osama bin Laden, kata seorang pejabat senior Amerika Serikat.

Badan intelijen AS dua tahun lalu akhirnya mampu mengidentifikasi daerah-daerah di mana kurir dan saudaranya dioperasikan, yang membuka jalan bagi keberhasilan serangan, kata pejabat itu.

Dalam laporan sebelumnya, Reuters mengatakan bahwa Osama bin Laden tewas dan jenazahnya telah ditemukan oleh pemerintah AS, kata beberapa pejabat AS, Ahad malam.

Presiden AS Barack Obama kemudian menyampaikan pengumuman bahwa setelah pencarian lama untuk menangkap Osama sejak ia menghilang di Afghanistan pada penghujung 2001, pemimpin Al-Qaida kelahiran Arab Saudi itu tewas.

Itu adalah prestasi besar bagi Obama dan tim keamanan nasionalnya, karena telah mewujudkan tujuan yang pernah disampaikan oleh pendahulu Obama, George W. Bush, untuk menyeret ke pengadilan "otak serangan 11 September 2001" yang menewaskan ribuan orang itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar