Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Jumat, 06 Mei 2011

Pertumbuhan Penduduk Kota Ambon 5,56 Persen

Ambon (KM) - Badan Pusat Statistik Maluku merilis angka pertumbuhan penduduk di Kota Ambon sebesar 5,56 persen per tahun, lebih tinggi dari sepuluh kabupaten/kota lain di provinsi itu yang berada di bawah empat persen.

"Potret penduduk Kota Ambon sesuai hasil Sensus Penduduk bulan Mei 2010 sebanyak 330.355 jiwa," kata Kepala BPS Maluku Edison Ritonga di Ambon, Jumat.
Ia mengatakan, BPS tidak ikut mencampuri urusan jumlah penduduk yang akan mengikuti Pilkada Kota Ambon 16 Mei 2011 sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan KPU setempat.

BPS menyampaikan data apa adanya yang menggambarkan kondisi di lapangan, katanya.

Ia menambahkan, Ambon sebagai Ibu Kota Maluku menjadi tempat tujuan masyarakat dari berbagai kabupaten/kota maupun provinsi lain.

Sebelum KPU menetapkan DPT Kota Ambon sebanyak 253.251 pemilih pada Rabu malam (4/5), beredar daftar pemilih yang belum ditetapkan mencapai 256.802 orang.

Penundaan agenda penetapan DPT untuk data pemilih awal 256.802 ini akibat banyaknya kritikan dan masukan dari Panwas Pilkada Ambon maupun tim sukses dari delapan pasangan calon kepala daerah.

Ketua Tim Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Maluku Roby Tutuhatunewa menilai KPU sengaja memanipulasi data sebab DPT Pilpres 2009 hanya 232.256 pemilih, sementara jumlah DPT Pilkada Kota Ambon meningkat tajam tapi belum semua warga terakomodir.

"Kalau pun pertumbuhan penduduknya sebesar tiga persen, maka jumlahnya tidak akan signifikan mencapai 256.802 pemilih," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar