Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Kamis, 05 Mei 2011

Indonesia Harus Rebut 160 Emas Sea Games

Jakarta (KM) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menilai jika Indonesia menargetkan menjadi juara umum SEA Games 2011 maka minimal harus mampu merebut 160 atau sekitar 34 persen medali emas yang diperebutkan.

Plh Sekretaris Kemenpora Djoko Pekik Irianto di Jakarta, Kamis, mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil penghitungan yang dilakukan berdasarkan jumlah medali yang ada yaitu 545 medali emas.
"Untuk merebut target dibutuhan perjuangan yang keras. Kami optimis dengan perencanaan yang matang target itu bisa tercapai," katanya di sela seminar Peningkatan Kapasitas dan Manajemen Organisasi Keolahragaan di Hotel Atlet Century Jakarta.

Menurut dia, persiapan dan perencanaan yang matang itu meliputi pemilihan sumber daya manusia (pelatih dan atlet), ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta bagaimana memotivasi atlet agar mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Selain itu juga didukung dengan manajemen organisasi yang baik pula.

Dengan adanya manajemen organisasi yang bagus, kata dia, sistem pembinaan maupun regenerasi bagi atlet bisa berjalan beriringan sehingga tidak terjadi kesenjangan yang jauh antara atlet senior.

"Manajemen yang baik akan mendapatkan input yang baik pula," kata pria yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora itu.

Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta itu menjelaskan, manajemen organisasi keolahragaan yang baik tidak hanyak digunakaan saat SEA Games saja. Namun juga bisa diaplikasikan pada semua kejuaraan termasuk Asian Games maupun Olimpiade.

Djoko menjelaskan, sudah saat Indonesia bangkit sehingga mampu memenuhi target yang itu menjadi Macan Asia. Target awalnya yaitu menjadi Juara Umum SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang. Selanjutnya juga diharapkan mampu merebut juara umum lagi pada SEA Games 2013.

Pada SEA Games 2011 Indonesia dipastikan akan mendapatkan tekanan dari Thailand, Vietnam maupun Malaysia.  Pada event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu akan dipertandingkan 43 cabang olahraga.

Untuk tingkatan Asian Games, kata dia, secara otomatis harus mengikuti prestasi di SEA Gamas. Saat ini Indonesia berada diperingkat 22 Asia. Dengan manajemen organisasi keolahragaan yang baru pada 2024 diharapkan mampu naik menjadi peringkat lima.

Sedangkan untuk olimpiade meski peluang untuk menaikkan peringkat dibutuhkan perjuangan dengan keras harus mampu diposisi 20 pada tahun 2024 nanti. Saat ini Indonesia masih berada di peringkat 42.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar