Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Minggu, 01 Mei 2011

AP I Siap Fasilitasi Garuda Tambah Rute

Ambon (KM) - PT. Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Pattimura Ambon siap mengfasilitasi maskapai penerbangan Garuda Indonesia menambah rute baru ke Surabaya dijadwalkan pada 1 Juni 2011, menyusul tujuan Jakarta yang transit di Makassar 3 Juni 2010.

General Manager PT. AP I Cabang Bandara Patimura, Reggynald Kronest, di Ambon, Senin, mengatakan, surat izin telah diberikan untuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka rute Ambon - Surabaya pergi pulang (pp).

"Jadi Garuda nantinya mengoperasikan dua pesawat jenis Boeing guna melayani pengguna jasa penerbangan dari maupun datang di bandara internasional Pattimura Ambon," ujarnya.

Penerbangan Ambon - Surabaya dijadwalkan berangkat pada pukul 17. 50 WIT, sedangkan ke Jakarta dengan transit di Makassar pada pukul 07.15 WIT.

"Pengoperasian rute baru oleh Garuda ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memanfaatkan jasa maspakai penerbangan sesuai minat mereka. Maskapai penerbangan juga harus bersaing secara sehat untuk  menarik minat masyarakat," ujarnya.

Reggynald mengemukakan bandara Patimura memiliki panjang landasan pacu 2.500 meter dengan kelengkapan sistem instrumen pendaratan (instrument landing system) yang cukup memadai setiap hari melayani penumpang sekitar 1.000 - 1.200 orang.

Terdapat sembilan maskapai, yang melayani rute ke Ambon pulang pergi antara lain PT Garuda Indonesia (sekali sehari ), Lion Air (dua kali), Sriwijaya Air (sekali), Batavia Air (dua kali) dan sejumlah rute pendek Ambon dan sekitarnya.

Rute-rute pendek itu dilayani oleh PT Merpati Nusantara, PT Wings Air dan Nusantara Buana Air (NBA) ke sejumlah wilayah di Ambon dan Papua seperti Nabire, Fakfak, Banda dan Saumlaki.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Cabang Ambon, Hendra Sumarno, mengatakan, pembukaan rute baru tersebut berdasarkan hasil rapat dengan Direksi di Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Survei pangsa pasar sudah dilakukan dan menunjukkan minat pengguna jasa penerbangan di rute tersebut cukup besar.

Garuda merencanakan mengoperasikan pesawat jenis boeing dengan 100 tempat duduk.

Hendra memastikan penerbangan ke Surabaya juga konek dengan rencana pengguna jasa perhubungan udara tersebut melanjutkan tujuan ke Denpasar (Bali), Jakarta dan Australia.

"Kami siap memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa penerbangan, menyusul dibuka kembali pelayanan ke Ambon pada 3 Juni 2010," ujarnya.

Disinggung penumpang pesawat Garuda Ambon - Jakarta dengan transit di Makassar setelah mengubah jadwal keberangkatan dari sore menjadi pagi hari, Hendra menjelaskan, semakin menunjukkan peningkatan.

"Baru berkisar 70 - 80 persen setelah terbang pagi dari Ambon ke Jakarta pada 27 Maret 2011, makanya berbagai terobosan dilakukan untuk menarik minat masyarakat memanfaatkan jasa pesawat Garuda," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar