Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Selasa, 02 Agustus 2011

Gelombang Perairan Maluku Diprakirakan Empat Meter

Ambon (KM) - Tinggi gelombang di perairan Maluku pada Rabu-Jumat, tanggal 3-5 Agustus 2011, diprakirakan berkisar 2-4 empat meter dan membahayakan bagi perahu dan kapal nelayan tradisional.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ambon Fransina Pattinama di Ambon, Selasa, mengatakan bahwa gelombang terhitung tinggi itu diprakirakan terjadi di Laut Tanimbar, Kabupaten Maluku Tengara Barat, Laut Maluku bagian barat daya, Laut Buru, Laut Banda, Laut Kei, dan Laut Arafura.

Menurut dia, tinggi gelombang dua hingga tiga meter juga berpeluang terjadi di perairan Laut Ambon, Selat Manipa di kabupaten Seram Bagian Barat dan Perairan Laut Geser di kabupaten Seram Bagian Timur.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak administrator pelabuhan (Adpel) untuk tidak mengizinkan kapal berlayar jika kondisi gelombang cukup tinggi," katanya.

Berdasarkan hasil analisis pantauan satelit cuaca, pada Selasa (3/8) akan muncul pertumbuhan awan dan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terutama  di wilayah Pulau Ambon, Buru, Seram, Geser, Aru, Kei, dan Kepulauan Aru .

Pattinama juga mengingatkan warga yang tinggal di daerah perbukitan dan daerah rawan banjir agar mewaspadai bahaya longsor karena hujan diperkirakan turun terus menerus dalam beberapa hari ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar