Selamat Datang

Di sini Anda dapat membaca berita tentang Maluku yang dibuat oleh LKBN ANTARA. Seluruh berita dilindungi UU Hak Cipta dan karenanya tidak diperkenankan untuk disiarkan kembali melalui media apapun tanpa izin tertulis dari LKBN ANTARA.

Sabtu, 07 Mei 2011

Belasan Fotografer Abadikan Keindahan Bawah Laut Ambon

Ambon (KM) - Sebanyak 19 fotografer profesional dari dalam dan luar negeri mengikuti Maluku Underwater Photo Competition (MUPC) 2011 mengabadikan keindahan bawah laut Pulau Ambon, Maluku selama dua hari terakhir.

General Manager  PT. Garuda Indonesia Cabang Ambon Hendra Sumarno, di Ambon, Sabtu mengatakan, lomba yang baru pertama kali digelar pihaknya itu bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam bawah laut perairan Maluku, khususnya di Kota dan Pulau Ambon.
Lomba bertema "Uncover the Secret & Beauty of The Spice Island" itu merupakan kompetisi paling menantang bagi para fotografer profesional untuk mengungkap rahasia keindahan alam bawah laut perairan Pulau Ambon, dengan total hadiah lebih dari Rp60 juta plus tiket penerbangan ke sejumlah negara.

Hendra berharap kegiatan itu dapat membangkitkan daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke Ambon dan Maluku pada umumnya guna menikmati keindahan surga bawah laut, panorama alam maupun keramah-tamahan masyarakatnya.

"Ambon dan Maluku sangat menyenangkan bagi wisatawan dalam dan luar negeri karena menyimpan 'surga bawah laut' yang belum tentu ada di daerah lainnya di tanah air," katanya.

Hasil bidikan para fptpgrafer, katanya, akan dipublikasikan agar daerah ini semakin dikenal luas di dunia internasional.

MUPC 2011 diikuti oleh 19 fotografer, 12 di antaranya berasal dari Jakarta (Ricky R Kurniawan, Samuel Tarigan, Ebram Harimurti, Michael Sjukrie, Wendy Ariya Pratama, Julius Firtanto, Panji Laksmana, Iman Brotoseno, Lily Wasitova, Simon Chandra, Martono Abram dan Ramadian Bachtiar).

Dua fotografer berasal dari Manado (Royke Hendra dan Djoni), satu dari Gorontalo (Deddy Cono), satu dari Sorong, Papua (Agus Susanto), dan dua peserta luar negeri yakni Simon Arnold (Australia) dan Fransisca Harlinjanto (Singapura).

Masing-masing peserta diwajibkan memasukkan enam foto terbaiknya dan akan dinilai oleh tiga orang juri diketuai oleh Jusak Ratundelang Pahlano (Dosen Politeknik Negeri Manado/pakar terumbu karang) serta Ronny Rengkung (instrukstur fotografi bawah laut) dan Kristupa Saragih (fotografer profesional).

Para peserta akan melakukan penyelaman sebanyak tiga kali di lokasi berbeda, yakni di perairan desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Pintu Kota, desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe dan Goa bawah laut desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan.

Selama penyelaman dua hari, seluruh fotografer diawasi oleh Terry Sawotong (marshall) dan Bagus Lesmana.

Juara pertama akan memperoleh hadiah uang tunai Rp15 juta dan tiket Garuda Jakarta-Amsterdam pulang pergi (pp), juara II Rp12 juta dan tiket Jakarta-Singapura (pp), juara III Rp8 juta dan tiket Jakarta-Singapura (pp).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar