Ambon (KM) - PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon mengoperasikan pos komando (Posko) Ramadhan dijadwalkan pada H-7-H+7.
"General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Patimura, Reggynald Kronest, di Ambon, Jumat, mengatakan, telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Maluku dan badan teknis lainnya untuk pengoperasian Posko Ramadhan.
Posko tersebut diarahkan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa penerbangan, baik yang turun maupun naik dari bandara internasional Pattimura Ambon.
"Kami berusaha memberiikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa perhubungan udara, terutama saudara-saudara yang menunaikan ibadah Puasa 1432 Hijriyah," ujarnya.
Posko tersebut juga memantau kemungkinan adanya praktek oknum calo tiket dengan memanfatkan situasi Ramadhan maupun perayaah Idul Fitri nantinya.
"Bandara Pattimura selama ini tidak ditemukan adanya calo tiket, tapi berbagai kemungkinan bisa saja terjadi saat kondisi mendesak sehingga perlu diantisipasi sejak dini," tegasnya.
Praktek calo tiket telah diantisiapasi dengan menegaskan pengelola travel agar setiap pembeli maupun pemesan tiket pesawat harus menunjukkan identitas resmi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).
"Pengalaman yang harus diantisipasi adalah kemungkinan terjadi musibah dan bila menggunakan tiket orang lain maka sulit diidentifikasi dan tidak berhak atas polis asuransi," kata Regynald.
Disinggung pergerakan pesawat saat ini, dia menjelaskan, berkisar 30-an-40-an kali dengan penumpang bervariasi 1.200-1.300 orang.
Bahkan, pada pekan ini jumlah penumpang mencapai 1.300-an orang karena menjelang pelaksanaan Ramadhan 1432 Hijriyah. Bandara Pattimura berhasil meraih prestasi di bidang pelayanan dan layanan informasi.
Hal ini terbukti dengan diraihnya penghargaan sebagai Bandara Pemberi Layanan Informasi Terbaik untuk kategori Bandara Tidak Padat pada 2009 dan 2010, meraih penghargaan Bandara Tertib dan Bersih kategori Bandara Tidak Padat yang dianugerahkan oleh Bandara Award.
Selain itu pada 2010 Bandara Pattimura Ambon juga menempati peringkat keempat se-Indonesia sebagai bandara pemberi layanan terbaik kepada pelanggan melalui Costumer Service Index(CSI/Indeks Kepuasaan Pelanggan) dengan nilai 3,69 sebagaimana penilaian dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar